Selasa, 22 Februari 2011

Pai Susu "Bekasi"




Berawal dari icip pai susu yang dibawa teman kantor setelah pulang dari Bali. Hmmm.... begitu makan langsung kesemsem, enaaak banget. Eh, pada suatu hari tiba2 kesetrum pengen nyobain bikin...dan TARAA, setelah utak-atik internet, dapatlah resep Bali Pai Susu ini.

Bahan kulit:
250 gr terigu
200 gr mentega
serbuk vanila
1 butir telur

Cara membuat kulit:
1. Campur semua bahan, aduk dengan tangan hingga adonan tidak lengket diwadah.
2. Gunakan adonan untuk melapisi bagian dalam dan sisi loyang, sisihkan. Setelah matang, kulit ini akan jadi base kue nya.
Bahan isi:
400 gr susu kental manis putih, atau 1 kaleng susu kental manis putih
4 sdm tepung maizena
serbuk vanila
4 butir telur
400 gr air, atau sesuai takaran kaleng susu (ni membingunkan, 400 gram air itu banyak banget, ato jangan2 ditakar sama dengan 1 kaleng susu ya? duh, pantesan banyak banget isiannya kemaren..)

Cara membuat:

1. Campurkan susu, tepung maizena dan serbuk vanila. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
2. Masukkan telur satu per satu sambil di aduk agar tercampur rata.
3. Masukkan air, aduk rata.
4. Tuang adonan isi kedalam loyang yang sudah dilapisi adonan kulit.
5. Panggang dalam oven kira-kira selama 60 menit dengan suhu 170 derajat.

sumber : http://www.balipiesusu.com/resep-pie-susu/

Btw, dari resep itu sebenarnya dapet isian susu yang banyak banget.. enak , tapi karena sisa banyak jadi bingung mau diapain. Sedangkan kalo mo dipanggang gitu aja agak aneh.
Oiya, sebenarnya karena sok tahu tu, di panggangan pertama kulitnya aku tusuk2 ma garpu... tapi ni isiannya kan cair dan harus ikut dipanggang bersamaan, yaiyalah bocor dan merembes... ckckckck..

Kalo mo ditusuk kayaknya isiannya harus yang kayak vla gitu kali ya..( sok tahu lagi ). Keseluruhan... tidak mengecawakan kok..._muji diri sendiri_

4 komentar:

  1. benooo..buatin dong..aku suka banget,,ajarin deh minimal...^^

    BalasHapus
  2. Terimakasi resep pie susu bali kami bisa jadi resep andalan ibu, maaf ada yang resep bikin bingung, maksudnya sesuai takaran kaleng susu

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    mau beli pie susu bali?
    mau beli pia bali krispy?
    mau beli kerupuk ceker ayam asli bali?
    mau beli spiku bali?
    mau beli salak bali?
    mau beli kacang bali?
    silakan hubungi oleh-oleh khas bali di www.balipiesusu.com
    contact : merry 08174797808 / 081237530808 / 03618095808

    BalasHapus
  3. ayo gabung di komunitas pecinta makanan bali (oleh-oleh khas bali) di facebook http://www.facebook.com/balipiesusu

    BalasHapus