Selasa, 22 Februari 2011

Pastel Filipin

Akhirnya.. ngeblog lagi..

hihihihihi...  mau nostalgia lagi ma ni pastel. Pertama kali kenal ma pastel ini plus diajarin cara buatnya pas ngaji ma teh Rika (kangen teh...). Pas mau bikin isiannya, kepikiran juga mo coba bikin pastel biasa, jadi bikin isiannya banyak.. heuheuheu

Nih resep isiannya..
  • bawang bombay, dicincang halus
  • bawang putih, cincang halus juga
  • 2 buah wortel yang gedhe ... dipotong kotak2
  • buncis sesuai selera.. dipotong hampir seukuran kotaknya wortel
  • jamur sesuai selera juga
    • ..potongannya diusahakan sama ya... soalnya dulu dapat tips dari kartun masak anak2, biar rasa yang dihasilkan maksimal, potongan bahan itu diusahakan sama.
  • susu cair.. bisa pake susu bubuk yang dikasih air
  • tepung terigu
  • garam dan merica secukupnya
 Cara membuat isiannya

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai kuning, layu dan harum.
  2. Masukkan potongan wortel terlebih dahulu, baru setelah wortel setengah mateng masukkan buncis dan jamur.
  3. Tambahkan susu dalam tumisan, setelah semuanya mayang dan empuk masukkan terigu sambil diaduk2.. tambahkan terigu sedikit2 sampai adonan mencapai kekentalan yang diinginkan. Kalo pengen lebih banyak creamy2nya.. tambahin susunya dan tepung terigunya... sesuai seleralah pokoknya.. hehehehe

nah sekarang kita bikin kulitnya.. sederhana kok, cuma pake roti tawar.
  • Buang kulit roti tawar.. diiris aja pake pisau biar rapi
  • Lalu giling pake rolling pin atau botol sirup dengan hati-hati sampai tipis
  • Potong hasil gilingan roti jadi 2 bentuk segitiga
  • Beri isian di tiap potongan segitiga roti tawar, lalu lipat untuk menutup kulitnya

setelah semua roti tawar diberi isian, celupkan ke bahan pelapis.

Bahan Pelapis
Telur, kocok lepas
Tepung panir atau tepung roti atau tepung tempura

celupkan semua roti ke kocokan telur lalu lapisi dengan tepung roti. tipsnya, celupin ke telur dulu beberapa baru dilapisi tepung roti, jangan satu2... karena tangan akan cepat lengket karena keseringan kena telur dan tepung.

setelah oke semua...  simpan terlebih dulu dalam kulkas agar semakin rekat.. baru digoreng sampai keemasan. SELESAI..

Eits.. tidak berhenti sampai disitu lho. mari kita bikin kulit pastel "beneran". secara doyan banget makan pastel, sampe penasaran mo bikin(hohohoho)

 Ini dia bahannya
125 gr tepung terigu
setengah sdm susu bubuk
1/4 sdt garam
merica sesukanya
50 ml air
mentega 25 gr

cara membuatnya
  1. campur tepung, susu, garam, merica dan mentega sampai berbutir
  2. masukkan air sedikit demi sedikit. kalo udah tercampur dan jadi elastis diamkan 15 menit
  3. nah, ni bagi yang punya gilingan mie manual bisa dipake nih buat giling kulitnya... sampai nomor 1 sih kayaknya. tapi berhubung ndak punya nih, harus ikhlas menggilingnya dengan rolling pin kayu yang baru dua bulanan nih di rumah. sabar..sabar.. hehehehe... karena cuaca panas nih jadi sering banget dikasih tepung taburan biarnggak lengket...tapi karena adonan terakhir kelamaan digilingnya, jadi udah nggak elastis deh. daripada kebuang, dengan sangat terpaksa ditambahin dikit margarin dan air.. alhamdulillah masih selamet. tapi kecapekan, jadinya nggak sampe tuntas deh bikinnya (padahal tuh resep jadi adonannya dikit banget.. emang dasar kurang rajin ..wekekekeke (ogah menyebutkata "mal*s").

dan terakhir .. masukkin kulkas juga, gorengnya besok pagi ajah

1 komentar: